Kamis, 27 Oktober 2011

Metode Mengajar Segmentasi



Metode Mengajar Segmentasi
Segmentasi adalah metode mengajar yang cocok untuk diterapkan dalam pengajaran ilmu sosial maupun ilmu pasti. Metode mengajar ini akan membantu murid memperbaiki kemampuan membaca dan menulis mereka. Selain itu, kemampuan murid untuk mengingat kembali materi yang diajarkan juga akan meningkat melalui metode segmentasi ini.
Metode segmentasi sangat mudah diterapkan karena sebagian besar aktivitas dilakukan oleh murid. Sedangkan guru lebih berperan sebagai koordinator. Aktivitas yang akan dilakukan murid dalam kelas akan terdiri dari membaca, menulis dan membahas materi yang diajarkan.
Proses mengajar segmentasi dimulai dengan membagi aktivitas dalam kelas menjadi lima tahap, yaitu :
1) Pengajaran
2) Tugas Membaca
3) Latihan Menulis
4) Diskusi
5) Analisa Diskusi.
Masing-masing aktivitas diberi jatah waktu yang tidak terlalu lama, sehingga untuk pelajaran dengan durasi satu jam pun guru tetap bisa menerapkan metode segmentasi ini.
Kelas pelajaran dimulai dengan pengajaran singkat dari guru yang menjelaskan kerangka / garis besar dari pelajaran yang akan dipelajari saat itu. Usahakan agar tahap ini tidak memakan waktu lama.
Setelah itu, mintalah murid untuk membaca materi yang dipelajari selama kurang lebih 10 menit. Beberapa materi penting dapat dimintakan untuk dibaca oleh seorang murid dengan suara nyaring, dan murid yang lain mengikuti dalam hati.
Aktivitas membaca dilanjutkan dengan “Latihan Soal” dengan model “essay” yang harus selesai dalam waktu 10 menit. Jumlah soal tidak perlu banyak, cukup 1 –3 soal saja. Soal yang diberikan diambil dari materi yang dibaca dalam session membaca. Karena materi yang dibaca tidak banyak, maka jawaban essay yang diberikan juga pasti akan pendek. Sehingga guru harus merancang suatu bentuk soal yang jawabannya merupakan kesimpulan dari materi yang dibaca. Murid juga didorong untuk membaca ulang kembali materi yang dibacanya untuk memastikan keakuratan jawaban yang diberikan.
Setelah setiap murid menyelesaikan jawaban, guru kemudian meminta setiap 4-6 murid untuk membentuk satu grup tersendiri. Kemudian, masing-masing murid ditugaskan untuk membacakan jawaban mereka dengan suara keras dihadapan anggota grup lainnya. Setelah semua anggota mendapat giliran, maka setiap grup harus mendiskusikan jawaban yang paling terbaik untuk dipresentasikan didepan kelas di hadapan grup-grup lainnya. Dengan adanya session diskusi ini maka murid dapat memperdebatkan aneka ragam jawaban dan sekaligus mendorong murid untuk lebih menghargai materi pelajaran. mempelajari materi pelajaran. Selain itu, dengan membacakan masing-masing jawaban, merupakan sarana bagi murid untuk memperbaiki cara menulis mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar