Jumat, 09 Desember 2011

Program terapi anak-anak special needs


Program terapi anak-anak special needs bukan suatu program yang singkat. Secara akademik materi dalam metode ini tekah mencakup perilaku, sosialisasi, dan akademik sebagai persiapan masuk ke sekolah reguler. Jadi apabila anak mampu me¬ng¬uasai seluruh materi dari dasar, inter¬mediate, dan advanced dari metode tersebut, maka anak siap masuk sekolah reguler. Tetapi bukan berarti tugas kita selesai. Mereka tetap perlu dipantau dan diberi arahan menghadapi lingkungan baru.
Sekali lagi sengat perlu dipahami oleh para orang tua bahwa terapi harus dimulai sedini mungkin se¬belum usia 5 tahun. Perkembangan paling pesat dari otak manusia terjadi pada usia sebelum usia 5 tahun. Pun¬caknya terjadi pada usia 2-3 tahun. Oleh karena itu penatalaksanaan terapi setelah usia 5 tahun hasilnya berjalan lebih lam¬bat. Se¬kalipun demilian tidak ada pilihan lain, anak usia lebih dari 5 tahun tetap perlu diterapi perilakunya (Premitawati, 2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar