Indonesia saat ini sedang proses merubah paradigma pendidikan, yaitu dimana dalam pembelajarannya masih menggunakan teori behaviorisme yang sejatinya menjadikan seorang pendidik sebagai orang yag paling tahu atau istilahnya sebagai “penceramah”, sedangkan anak didik sebagai pendengar yang bijak yang notabene selalu membenarkan kata-kata yang diucapkan pendidik. Walaupun kelebihan dari pendidikan menggunakan behavioristik adalah pembelajaran yang merubah tingkah laku berdasarkan pengalaman.
Seyogyanya, pendidikan sekarang harus bersifat subyektif, dimana kedua belah pihak yakni pendidik dan peserta didik harus bias bekerjasama dan terlibat aktif dalam pembelajaran. Pendidikan yang seharusnya dianut saat ini adalah berdasarkan teori kontruktivisme dimana pendidik sebagai fasilitator dan motivator sedangkan anak didik sebagai pelaku aktif dalam pembelajaran yang diberi keleluasaan bagi pendidik untuk mengeksplorasi pengetahuan-pengetahuan melalui macam-macam teknik dan metode pembelajaran inovatif, diaantaranya ; debat, problem posing, problem terbuka, probing prompting, Cooperative Script, dll..
ARE YOU AGREE WITH MY STATEMENT ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar